Faktor Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening Pada Manusia

kanker kelenjar getah bening

Penyebab pasti limfoma tidak diketahui. Beberapa faktor telah dikaitkan dengan peningkatan risiko mengembangkan limfoma, tetapi tidak jelas apa peran mereka bermain dalam perkembangan aktual limfoma. Faktor risiko ini meliputi:

  • Faktor Umur yang Semakin Tua
    Umumnya, risiko NHL meningkat dengan bertambahnya usia. HL pada orang tua dikaitkan dengan prognosis yang lebih buruk daripada yang diamati pada pasien yang lebih muda. Pada kelompok usia 20-24 tahun, kejadian limfoma adalah 2,4 kasus per 100.000 sementara itu meningkat menjadi 46 kasus per 100.000 di antara individu 60-64 tahun.
  • Infeksi Virus yang Menyerang Kekebalan Tubuh
    Infeksi virus Epstein-Barr (EBV), salah satu faktor penyebab di mononucleosis, infeksi helicobacter pylori yaitu spesies bakteri yang hidup di saluran pencernaan, infeksi oleh virus hepatitis B atau hepatitis C yang menyebabkan kondisi sistem kekebalan tubuh menurun.
  • Penyakit Kelainan Autoimun
    Penggunaan terapi penekan kekebalan (sering digunakan setelah transplantasi organ)
  • Mengidap Penyakit Immunodeficiency Sejak Lahir
    Penyakit imunodefisiensi yang diwariskan dari ayah dan ibu sejak bayi pun menjadi salah satu faktor penyebab seseorang mengalami pertumbuhan sel kanker di dalam tubuhnya. Terutama pada bagian kelenjar getah bening karena merupakan sistem pertahanan tubuh yang pertama.
  • Terkena Polusi Radioaktif atau Zat Beracun
    pekerjaan pertanian atau pekerjaan dengan paparan bahan kimia beracun tertentu seperti pestisida, herbisida, atau benzena dan / atau pelarut lainnya
    pewarna rambut digunakan telah dikaitkan dengan tingkat yang lebih tinggi dari limfoma, terutama pada pasien yang mulai menggunakan pewarna sebelum tahun 1980.
  • Memiliki Riwayat Keluarga yang Pernah Menderita Limfoma
    Kehadiran faktor-faktor risiko tidak berarti seseorang benar-benar akan mengembangkan limfoma. Bahkan, kebanyakan orang dengan satu atau beberapa faktor risiko tersebut tidak berkembang limfoma.

Seringkali, Gejala atau tanda pertama dari limfoma adalah pembengkakan tanpa rasa sakit di leher, di bawah lengan, atau di selangkangan. Kelenjar getah bening atau jaringan lain dalam tubuh juga bisa membengkak. limpa, misalnya, dapat membesar di limfoma.

Kelenjar getah bening yang membesar kadang-kadang menyebabkan gejala lain dengan menekan vena atau pembuluh limfatik (pembengkakan lengan atau kaki), saraf ( nyeri , mati rasa, atau kesemutan), atau perut (perasaan awal kenyang). Mengalami pembesaran pada daerah limpa dapat menyebabkan sakit perut atau ketidaknyamanan yang berkepanjangan.

Pembengkakan di leher, ketiak, atau pangkal paha, atau dijelaskan bengkak di tangan atau kaki harus meminta satu untuk mencari bantuan medis. Pembengkakan tersebut dapat memiliki banyak penyebab atau tidak ada hubungannya dengan limfoma, tetapi mereka harus diperiksa untuk diketahui secara pasti apa yang terjadi serta mengetahui cara mengobati kanker kelenjar getah bening yang ampuh.

Silahkan Share Jika BermanfaatShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.